KOLAKA,mercyfmkolaka.com—
Dengan mencermati perkembangan kasus Virus Corona Desease (Covid-19) yang sangat cepat secara global. Sehingga Pemda Kolaka mengeluarkan Surat Himbauan nomor 338/695/2020 yang ditandatangani oleh Bupati Kolaka H Ahmad Safei tertanggal 20 Maret 2020.
Surat edaran ini disampaikan oleh Kepala Bagian Humas Setda Kolaka Anas Yusuf pada (22/3/2020) kepada wartawan yang tergabung dalam group WhatsApp Satgas Corona Pers.

Surat Himbauan Bupati Kolaka
Surat Himbauan Bupati Kolaka

Pemda Kolaka menghimbau kepada seluruh masyarakat Kab Kolaka untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.
Senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing agar terhindar dari segala bencana dan malapetaka khususnya wabah Virus Corona.
Agar masyarakat tidak panik, tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa namun tetap meningkatkan kewaspadaan. Apabila terjadi gejala-gejala seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan sesak napas agar memakai masker dan diharapkan segera memeriksakan diri ke Rumah Sakit, Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya.
Bupati juga mengharapkan kepada masyarakat untuk sementara waktu tidak bepergian keluar daerah dan menghindari berkumpul datas 10 orang, menjaga jarak kontak fisik (social distancing dan tidak berjabat tangan dengan orang lain.
Bupati juga menegaskan setiap orang yang akan masuk ke wilayah Kab Kolaka wajib diperiksa kesehatannya oleh tim kesehatan Covid-19.
Kepada pemilik pengelolah perkantoran, sekolah, pusat perbelanjaan, pasar tradisional, hotel, tempat hiburan dan restoran. Tempat ibadah, fasilitas dan tempat-tempat umum lainnya agar menyediakan sarana cuci tangan dengan air bersih memakai sabun serta alat sanitizer serta alat thermometer infrared.
Menjaga lingkungan yang bersih, mengkomsumsi buah dan sayuran, berolahraga serta istirahat yang cukup. Seluruh tempat wisata, bioskop, karaoke dan hiburan lainnya dalam wilayah Kab Kolaka untuk sementara ditutup sampai kondisi penyebaran virus corona dapat dikendalikan.
Selain itu Bupati juga menegaskan kepada pelaku usaha agar tidak menimbun bahan pokok dan perbekalan alat kesehatan.
Para pengurus masjid, gereja, pura, bihara dan rumah ibadah lainnya agar memperhatikan kebersihan lingkungan, serta untuk sementara waktu tidak menggunakan karpet dan alas lantai lainnya.
Bagi masyarakat yang ingin memdapatkan pelayanan dan informasi dapat mengubungi posko pengendalian Covid-19 Sultra.
“Himbauan ini disampaikan untuk diindahkan bersama sebagaimana mestinya,”tutup Safei.
(redaksi)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.